BAHAYA PESTISIDA PADA BUAH DAN SAYUR

Bahan pestisida pada makanan sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga anda. Pestisida yang merupakan bahan berbahaya ini sebenarnya banyak dimanfaatkan para petani untuk menjaga kualitas buah dan sayurannya dari serangan hama dan penyakit tanaman, dengan begitu para petani akan mendapatkan keuntungan yang maksimal. 
Namun taukah anda bahaya pestisida pada makanan? Mari kita cari tahu bersama !

Sayur dan buah adalah makanan yang sangat menyehatkan yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayur dan buah yang tinggi serat dapat memperlancar metabolisme tubuh, selain itu sayur dan buah juga mengandung banyak vitamin penting untuk pembentukan jaringan tubuh dan memperkuat fungsi organ. Akan tetapi, tanpa kita sadari, sayuran dan buah dapat mengandung zat berbahaya.  

  
 
Bahan makanan yang kita makan, terutama buah dan sayuran segar, mengandung residu pestisida. Walau tidak secara langsung, bahaya yang ditimbulkannya berdampak jangka panjang, seperti kanker, tumor dan penyakit kronis lainnya. Dampak penggunaan bahan pestisida pada makanan bukan saja pada manusia, namun berperan aktif dalam merusak ekologi lingkungan. Antara lain, tercemarnya air tanah serta perubahan pada sistem hormon hewan ternak mamalia serta ikan. Jadi, bukan hanya sayuran dan buah, ikan serta ternak yang kita konsumsi juga  bisa ikut tercemar pestisida. 
Berikut ini adalah Buah dan Sayur yang rentan tercemar pestisida:
1. Stoberi
Mengapa stroberi berisiko? 
Stroberi adalah jenis buah yang tumbuh dekat dengan tanah, tempat dimana serangga hidup, Oleh karenanya petani menggunakan pestisida untuk membasmi serangga tersebut. Untuk memperpanjang umur penyimpanan.
2. Seledri
Seledri memerlukan waktu berbulan-bulan untuk tumbuh sehingga seledri akan terkena pestisida dalam periode waktu yang lama. 
3. Buah Persik
Untuk meningkatkan produksi, petani menggunakan pestisida pada tanaman yang rentan terhadap serangga, seperti buah persik. Buah persik berkulit sangat tipis, yang membuatnya mudah dimasuki serangga dan pestisida.
4. Apel
Perusahaan Kimia membuat pestisida khusus untuk apel karena buah ini sangat populer dan banyak ditanam. Apel merupakan salah satu jenis buah yang rentan terkena pestisida.
5. Blueberi
Buah ini sangat rentan terhadap hama karena kulitnya sangat rapuh. Pestisida yang digunakan petani akan masuk ke daging buah.
6. Paprika Manis
Paprika manis adalah bentuk matang dari varietas paprika hijau yang lebih pahit. Paprika manis yang sudah dewasa memerlukan waktu yang lama dan terpapar pestisida lebih banyak. 
7. Bayam
Karena daunnya tumbuh di atas tanah, bayam memiliki banyak permukaan terbuka yang akan disemprot dengan pestisida. 
8. Buah Ceri
Buah ceri tersembunyi di balik daun untuk tetap aman dari lalat buah dan ngengat, tapi petani cenderung menggunakan bahan kimia untuk mendapatkan hasil panen yang baik. 
9. Kentang
Kentang juga merupakan salah satu tanaman yang rentan terkena pestisida meskipun kentang berada di bawah tanah.
10. Anggur
Anggur lunak dan berkulit tipis sangat rentan terpapar pestisida. 
Nah sudah tahu kan ternyata pestisida itu berbahaya bagi tubuh kita. Agar makanan kita terbebas dari pestisida ada beberapa tips yang perlu kita lakukan:
• Beli dan konsumsilah makanan atau sayuran yang berlabel organik. 
• Perbanyak pengetahuan anda mengenai jenis pestisida dan bahayanya bagi kesehatan manusia 
• Cuci buah dan sayuran yang anda beli dengan air yang mengalir. 
• Cuci buah dan sayuran dengan menggunakan OZONE FRESH
Apa sih OZONE FRESH itu? Mari kita cari tahu !

OZONE FRESH merupakan salah satu produk dari Yuki Water treatment yang merupakan salah satu perusahaan pengolahan dan penyaringan air pertama di Indonesia, Didirikan pada tahun 1980an, Yuki Water Treatment memiliki pengalaman hampir 30 tahun menangani berbagai masalah air keluarga Indonesia, yang meliputi masalah air di perumahan, perkantoran, restoran, dan sektor industri. Oleh karena itu Yuki Water Treatment sangat memahami apa yang menjadi kebutuhan pelanggan serta memberikan solusi terbaik akan kebutuhan  air anda. 

 
 
OZONE FRESH merupakan sebuah alat dengan menggunakan teknologi jepang yang digunakan untuk mensterilisasikan berbagai buah-buahan, daging dan sayuran agar terbebas dari pestisida, antibiotic, zat pewarna, kaporit, logam berat dan zat pengawet. Selain itu, OZONE FRESH juga dapat digunakan untuk membasmi bakteri, virus dan jamur dari makanan sehingga menghindarkan dari berbagai macam kuman penyakit. OZONE FRESH juga tidak memiliki efek samping dan tidak berbahaya bagi tubuh kita karena ozon berubah menjadi oksigen setelah proses disinfektan. Serta menjaga kesegaran makanan sampai dengan 3 kali lebih lama. Hmmm..ternyata banyak juga yaa kegunaan dari OZONE FRESH ini..
Berikut adalah keunggulan dari OZONE FRESH: 
• Membasmi 99,9% bakteri, virus dan jamur.
• Bebas bahan kimia dan ramah lingkungan.
• Alat penyemprot vortex untuk membersihkan kotoran yang menempel pada permukaan makanan.
• Hemat uang, waktu dan air.
• Mudah dioperasikan.
• Kapasitas mencuci hingga 8 liter.
 
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: